Mau Cari Apa?

Assalamualaikum

Selamat Datang Di Blog Saya,
Mari Kita Berbagi Ilmu Yang Bermanfaat,
kebetulan saya sedang belajar dakwah online.
mohon bantuan dan bimbinganya.

Sabtu, 06 Februari 2010

Mengenal Fisik Dan Wajah Nabi Muhammad Saw

* Al-Bara’ bin ‘Azib ra menuturkan :

“Rosulullah SAW adalah seorang yang sangat tampan wajahnya, sangat luhur pekertinya, beliau tidak terlalu jangkung dan tidak terlalu pendek.” (HR. Bukhari)

* Masih dari Al-Bara’ ra ia berkata :

“Rosulullah SAW memiliki dada yang bidang dan lebar, memiliki rambut yang terurai sampai cuping telinga (bagian bawah telinga), saya pernah menyaksikan beliau mengenakan pakaian berwarna merah, belum pernah saya melihat sesuatu yang lebih indah dari pada itu.” (HR. Bukhari)

· Abu Ishaq As-Sabi’i berkata : Seseorang pernah bertanya kepada Al-Bara’ bin ‘Azib ra : “Apakah wajah Rosulullah SAW lancip seperti sebilah pedadang ? “Ia menjawab : “Tidak, bahkan bulat bagaikan rembulan.” (HR. Bukhari)

· Anas bin Malik ra mengungkapkan :

“Belum pernah tanganku menyentuh kain sutera yang lebih lembut daripada telapak tangan Rosulullah SAW. Dan belum pernah aku mencium wewangian yang lebih harum dari pada aroma Rosulullah SAW.” (Muttafaq’alaih)

· Diantara sifat beliau SAW adalah ‘Pemalu’, sampai-sampai Abu Sa’id Al-Khudri ra mengatakan :

“Rosulullah SAW itu lebih pemalu dari pada gadis dalam pingitan. Jika beliau tidak menyukai sesuatu, niscaya kami dapat mengetahui ketidaksukaan beliau itu dari wajahnya.” (HR. Bukhari)

Sekarang mari kita simak beberapa Hadist yang menerangkan tentang tutur kata, cara berbicara, kelemah lembutan dan kerendah hati Rosulullah SAW.

* Dari Aisyah ra yang menuturkan :

“Rosulullah SAW tidaklah berbicara seperti yang biasa kamu lakukan (yaitu berbicara dengan nada cepat). Namun beliau SAW berbicara dengan nada perlahan dan dengan perkataan yang jelas dan terang lagi mudah dihafal oleh orang yang mendengarnya.” (HR. Abu Daud)

* Masih diriwayatkan dari Aisya ra ia berkata :

“Tutur kata Rosulullah SAW sangat teratur, untaian demi untaian kalimat tersusun dengan rapi, sehingga mudah dipahami oleh orang yang mendengarkannya.” (HR. Abu Daud)

* Anas bin Malik ra mengungkapkan :

“Rosulullah SAW sering mengulangi perkataannya tiga kali agar dapat dipahami.” (HR. Bukhari)

Dari Ibnu Mas’ud ra ia berkata : “Seorang lelaki datang menemui Rosulullah SAW. Beliau SAW mengajak laki-laki itu berbicara sehingga membuatnya menggigil ketakukan. Rosulullah SAW berkata kepadanya :

“Tenangkanlah dirimu ! Sesungguhnya aku bukanlah seorang raja. Aku hanyalah putra seorang wanita yang biasa memakan dendeng.” (HR. Ibnu Majah)

Demikianlah telah kita ketahui, sudah kita mengenal ciri fisik, wajah, tutur kata, kelemah lembutan, kerendah hati serta beberapa sifat dan budi pekerti Rosulullah SAW. Sungguh, Allah SWT telah meyempurnakan jasmani dan budi pekerti junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rosul paling agung, yaitu Sayyidina Muhammad SAW.

Shalawat dan Salam semoga tercurah kepada beliau SAW, kepada keluarga serta kepada para Sahabatnya….

1 komentar: