Mau Cari Apa?

Assalamualaikum

Selamat Datang Di Blog Saya,
Mari Kita Berbagi Ilmu Yang Bermanfaat,
kebetulan saya sedang belajar dakwah online.
mohon bantuan dan bimbinganya.

Sabtu, 10 April 2010

Rahasia Berbakti kepada Orang Tua

Akibat Berbakti kepada Orang Tua

Sebagaimana kita maklumi bahwa setiap manusia mengharapkan dan mengidamkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, memperoleh kemudahan dan keluasan pintu rizki, dan keberkahan di dalamnya. Memperoleh kemudahan dalam sakratul maut, bahagia di alam kubur dan Barzakh. 

Untuk itu, kita harus mengenal rambu-rambu yang mengantarkan kita padanya. Agar kita bisa mencapai harapan itu dan diselamatkan dari segala yang ditakutkan, kita harus benar-benar rambu-rambunya sebagaimana yang dipesankan dalam hadis-hadis Rasulullah saw dan Ahlul baitnya (sa).

Allah swt menegaskan dalam firman-Nya:
“Rendahkan dirimu terhadap mereka dengan penuh kasih sayang, dan ucapkan: “Duhai Tuhanku, sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku di waktu kecil.” (Al-Isra’: 24).

Rasulullah saw bersabda:
“Berbaktilah kamu pada orang tuamu, niscaya anak-anakmu akan berbakti padamu. Jagalah kesucian isteri orang lain, niscaya kesucian isterimu akan terjaga.” (Al-Wasail 20: 356)

Berbakti kepada orang tua 
tidak cukup pada saat hidupnya
Rasulullah saw pernah ditanyai: “Siapakah yang paling besar haknya terhadap seseorang?” Beliau menjawab: “Kedua orang tuanya.” Kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya ada orang yang berbakti kepada orang tuanya ketika mereka hidup, jika ia tidak memohonkan ampunan untuk mereka setelah wafat, maka ia dicatat sebagai anak yang durhaka kepada mereka. Dan sungguh ada orang yang durhaka kepada orang tuanya ketika mereka hidup, tapi sesudah mereka wafat ia memperbanyak istighfar untuk mereka, sehingga ia dicatat sebagai anak yang berbakti kepada mereka.” (Mustadrak Al-Wasâil 2: 112)

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: 
 “Sungguh ada seorang hamba yang berbakti kepada orang tuanya ketika mereka hidup, tetapi setelah mereka wafat ia tidak menunaikan hutangnya, tidak memohonkan ampunan untuk mereka, maka  Allah mencatat ia sebagai anak yang durhaka. Sungguh ada seorang hamba yang durhaka kepada orang tuanya, tetapi setelah mereka wafat ia menunaikan hutangnya dan memohonkan ampunan untuk mereka, maka Allah mencatat ia sebagai anak yang berbakti kepada mereka.” (Mustadrak Al-Wasâil 2: 112)

Tingkat kewajiban berbakti pada orang tua
Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: 
 “Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban yang paling besar.” (Mustadrak Al-Wasâil 15: 178)

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: 
“Ada tiga hal yang wajib dilaksanakan: Menunaikan amanat kepada orang yang baik atau yang zalim, memenuhi janji kepada orang yang baik atau yang zalim, dan berbakti kepada kedua orang tua yang baik atau yang zalim.” (Mustadrak Al-Wasâil 15: 179)

Akibat-Akibat berbakti kepada Orang Tua 
Akibat-akibat berbakti kepada orang tua antara lain yang terpenting adalah:

Pertama: Diridhai oleh Allah Azza wa Jalla
Dalam hadis qudsi Allah swt berfirman:  
“Sesungguhnya yang pertama kali dicatat oleh Allah di Lawhil mahfuzh adalah kalimat: ‘Aku adalah Allah, tiada Tuhan kecuali Aku, barangsiapa yang diridhai oleh kedua orang tuanya, maka Aku meri­dhainya.  Barangsiapa yang dimurkai oleh keduanya, maka Aku murka kepadanya.” (Jâmi’us Sa’adât, penghimpun kebahagiaan, 2: 263).

Imam Ja’far Ash-Shaqiq (sa) berkata: 
“Takutlah kamu kepada Allah, dan janganlah durhaka kepada kedua orang tuamu, karena ridha mereka  adalah ridha Allah dan murka mereka adalah murka Allah.” (Al-Kafi 2: 349)

Kedua: Disayangi oleh Allah swt 
Rasulullah saw bersabda kepada Ali bin Abi Thalib (sa): 
“…Wahai Ali, Allah menyayangi kedua orang tua yang melahirkan anak karena keberbaktiannya kepada mereka. Wahai Ali, barangsiapa yang membuat sedih kedua orang tuanya, maka ia telah durhaka kepada mereka.” (Al-Faqîh 4: 371)

Ketiga: Bahagia dan Sakinah dalam rumah tangga
Rasulullah saw bersabda:  
“Barangsiapa yang percaya kepadaku tentang berbakti kepada kedua orang tua dan menjalin silaturrahim, maka aku akan menjaminnya dalam hal penambahan harta, penambahan umur, dan sakinah dalam rumah tangganya.” (Mustadrak Al-Wasâil 15: 176)

Keempat: Menambah umur dan Rizki
Imam Ja’far (sa) berkata:
“Jika kamu ingin ditambah umurmu oleh Allah, maka bahagiakan kedua orang tuamu. Berbakti kepada mereka dapat menambah rizki.” (Al-Wasâil 18: 371).

Kelima: Kemudahan saat sakaratul maut
Rasulullah saw bersabda: 
 “Barangsiapa yang ingin memperoleh kemudahan saat sakaratul maut, maka hendaknya ia menjalin silarurrahim dengan karabatnya, dan berbakti kepada kedua orang tuanya.”  (Bihârul Anwâr 74: 66)

Keenam: Kemudahan perhitungan amal pada hari kiamat
Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:  
“Berbakti kepada orang tua dan menjalin silaturrahim akan dimudahkan hisab amalnya…” (Mustadrak Al-Wasâil 15: 177)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar